Capaian dan Tujuan Pembelajaran
HydroSmart bertujuan menyediakan tempat belajar bagi peserta didik yang dapat diakses kapanpun dan dimanapun. Selain itu, melalui HydroSmart, peserta didik diharapkan mampu memahami dan menjelaskan berbagai konsep secara komperhensif, seperti sebagai berikut:
Capaian Pembelajaran
Di Akhir Fase E, peserta didik mampu memahami Konsep Dasar Ilmu Geografi, Peta/Penginderaan Jauh/GIS, Penelitian Geografi, dan Fenomena Geosfer, mampu mencari/mengeolah informasi tentang keberagaman wilayah secara fisik dan sosial, mampu menganalisa wilayah berdasarkan ilmu pengetahuan dasar geografi, karakter fisik dan sosial wilayah (lokasi, keunikan, distribusi, persamaan dan perbedaan, dan lain-lain). Peserta didik mampu menguraikan permasalahan yang timbul dalam fenomena geosfer yang terjadi dan memberikan ide solusi terbaik untuk menghadapinya. Peserta didik mampu mengomunikasikan/membulikasikan hasil penelitian dalam berbagai media.
| Capaian Per Elemen | Capaian Pembelajaran |
|---|---|
| Keterampilan Proses | Pada akhir fase, peserta didik terampil dalam membaca dan menuliskan tentang Konsep Dasar Ilmu Geografi, Peta, Penelitian Geografi dan Fenomena Geosfer. Peserta didik mampu menyampaikan, mengomunikasikan ide antar mereka, dan mampu bekerja secara kelompok atau pun mandiri dengan alat bantu hasil produk sendiri berupa peta atau alat pembelajaran lainnya. |
| Pemahaman Konsep | Pada akhir fase, peserta didik terampil dalam membaca dan menuliskan tentang Konsep Dasar Ilmu Geografi, Peta, Penelitian Geografi dan Fenomena Geosfer. Peserta didik mampu menyampaikan, mengomunikasikan ide antar mereka, dan mampu bekerja secara kelompok atau pun mandiri dengan alat bantu hasil produk sendiri berupa peta atau alat pembelajaran lainnya. |
Tujuan Pembelajaran
- Peserta didik mampu memahami konsep hidrosfer sebagai komponen utama sistem bumi dan perannya dalam kehidupan.
- Peserta didik mampu menjelaskan siklus hidrologi beserta fator-faktor yang mempengaruhinya.
- Peserta didik mampu menjelaskan konsep perairan darat dan mengidentifikasi jenis-jenisnya seperti air tanah, sungai, danau, dan rawa.
- Peserta didik mampu mengidentifikasi bagian-bagian daerah aliran sungai (DAS) serta menafsirkan pola aliran sungai berdasarkan morfologi wilayah.
- Peserta didik mampu memahami konsep dan pentingnya konservasi air tanah serta konservasi DAS.
- Peserta didik mampu memahami dinamika laut, termasuk klasifikasi laut berdasarkan kedalaman, morfologi dasar laut, serta gerakan air laut.
- peserta didik mampu mengklasifikasikan wilayah laut Indonesia, seperti laut teritorial, zona ekonomi eksklusif (ZEE), dan landas kontinen, serta menjelaskan dasar hukum yang mengaturnya.
- Peserta didik mampu menganalisis potensi dan persebaran sumber daya laut di Indonesia.